Sup Bawang Putih di Musim Penghujan

Kota Medan dan sekitarnya sudah memasuki musim hujan. Selain banjir di sejumlah ruas jalan, musim penghujan juga menimbulkan dampak negatif lain, yakni kesehatan. Basah karena kehujanan dan udara dingin dapat menyebabkan kondisi kesehatan bisa menurun. Flu, batuk, demam, merupakan penyakit umum yang ditemui jika musim hujan telah datang. Kebanyakan orang memilih sejumlah multivitamin untuk menunjang nutrisi bagi tubuh mereka karena kesibukan. Tidak ada yang salah dengan hal itu, apalagi jika kita menyempatkan diri untuk olahraga minimal 30 menit sehari.

garlic_cloves3ef

Namun ada baiknya mengkonsumsi makanan herbal yang alami untuk menunjang tubuh yang prima. Tidak mahal dan mudah didapat. Salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih merupakan tanaman yang telah digunakan sejak jaman Mesir kuno. Kandungan allicin di dalam bawang putih memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih. Fungsi allicin yakni zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih. Berbagai riset telah dilakukan terhadap zat ini dan menemukan bahwa ia memiliki efek penting untuk beberapa isu kesehatan, di antaranya menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker, antioksidan, dan anti anti mikroba/bakteri.

Manfaat besar hebal satu ini bisa kita peroleh dari semangkuk sop bawang putih. Sangat ampuh mengobati flu, demam, dan menghangatkan tubuh terutama di musim penghujan. Berikut salah satu resep sup bawang putih yang bisa dicoba di rumah anda.

 

Bahan Sup Bawang Putih

3 bonggol bawang putih utuh
650 ml air
250 g fillet dada ayam, potong dadu 1 1/2 cm
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
2 btg seledri, iris tipis
1 bh kentang, kupas, potong-potong

Proses Membuat Sup Bawang Putih

Panggang bawang putih dalam oven bersuhu 180 derajat celicius selama 5 menit hingga harum. Angkat, kupas, sisihkan.
Didihkan air, masukkan daging ayam, bawang putih, merica, dan garam.
Masukkan seledri dan wortel. Tunggu 20 menit, angkat. Sajikan segera. 

Demikian cara memasak Sup Bawang Putih. Mudah sekali kan? Waktu yang dibutuhkan untuk memasak juga relatif singkat yaitu sekitar 20 menit. Resep tersebut bisa disajikan untuk 4 porsi. Selamat mencoba dan dapatkan manfaatnya. (jp)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

FJPI Kalsel Salurkan Bantuan Banjir Lagi

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalsel kembali mendistribusikan bantuan bagi korban banjir di wilayah Kalsel, yang kali ini diserahkan kepada warga Desa Sungai Pinang...

Tantangan Meliput ODHA di Tengah Pandemik Corona

Catatan Fellow Citradaya Nita 2019 (3) Final Terima Kasih PPMN dan Citradaya Nita 2019 Akhirnya, setelah melalui berbagai tantangan, kegiatan fellowship Citradaya Nita dari Perhimpunan Pengembangan...

Get in Touch

461FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts