TENTANG

Berawal dari perbincangan dan kegelisahan para juru warta perempuan di Sumatera Utara tentang perlunya sumbangsih perempuan untuk meningkatkan kualitas perempuan di masyarakat. Disadari bahwa meningkatnya jumlah jurnalis perempuan, tidak diiringi dengan peran sertanya dalam pemberdayaan perempuan.

Selain itu, adanya keinginan bahwa profesionalisme para jurnalis perempuan harus terus ditingkatkan. Hasil pertemuan 14 Nopember 2007 di Restoran Koki Sunda disepakati untuk membentuk Forum Jurnalis Perempuan Sumatera Utara disingkat FJPSU, dan diresmikan pada hari Ibu, 22 Desember 2007.

Dalam perjalanannya, tercetus keinginan untuk menjadikan forum ini meng-Indonesia, sehingga bisa melakukan link dengan seluruh wartawan perempuan yang ada di Indonesia. Bulan Mei 2008, nama FJPSU berganti menjadi Forum Jurnalis Perempuan Indonesia dengan singkatan FJP Indonesia.

Keanggotaan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia meliputi wartawan/jurnalis/pekerja media, cetak, elektronik dan multimedia di Indonesia.

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia merupakan organisasi yang independen dan juga menjaga independesi para angotanya yang bekerja di masing-masing media.

Saat ini, FJPI memiliki 54 anggota. Ini terdiri dari para jurnalis di Sumut, Aceh juga Jakarta. FJPI secara resmi memiliki cabang selain di Sumut juga di Aceh.