FJPI Akan Gelar Konferensi Jurnalis Perempuan Se-Indonesia

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI)  menggagasi adanya Konferensi Jurnalis Perempuan Se-Indonesia pada Februari 2018 ini. Acara yang digelar bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Sumatera Barat, ini turut didukung penuh oleh Dewan selaku penyelenggara HPN. Konferensi jurnalis perempuan ini akan dihadiri lebih kurang 100 jurnalis perempuan dari seluruh Indonesia.

Ketua FJPI, Ramdeswati Pohan, mengatakan rencana konferensi jurnalis perempuan ini sudah ada sejak setahun lalu. Namun karena kendala pendanaan, rencana itu baru bisa direalisasikan tahun ini dengan bantuan Dewan Pers. “Tujuan konferensi ini adalah untuk menyatukan visi dan misi para jurnalis perempuan dalam melaksanakan perannya sebagai jurnalis yang sensitif gender, dan memenuhi kode etik jurnalis,” ujarnya kemarin. Ia berharap ke depan forum ini bisa lebih besar dan manfaatnya lebih terasa di masyarakat sebagai sumber informasi publik yang akurat dan mencerdaskan.

Jurnalis Senior, Uni Zulfiani Lubis, yang didaulat sebagai salah satu narasumber pada konferensi tersebut mengarakan acara ini sebagai apresiasi dan tempat bertukar pikiran para srikandi pers nasional. “Acara ini merupakan gathering insan jurnalis perempuan seluruh Indonesia. Kegiatan ini sebagai silaturahmi dan diskusi di antara perempuan-perempuan jurnalis,” papar Uni.

Persiapan HPN

Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2018 terus mematangkan persiapan pelaksanaan acara tahunan yang kali ini akan berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat. Seluruh jajaran panitia melangsungkan rapat pleno di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa siang (30/1). Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang juga Ketua Pelaksana HPN, Margiono.

HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

HPN Sumbar 2018 mengangkat tema “Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan”. Salah satu agenda penting dalam rangakaian HPN tahun ini adalah pertemuan akbar jurnalis perempuan Indonesia. Rangkaian acara HPN juga akan diisi konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak, termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial. Begitu juga dengan gelaran pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro pada tanggal 8 Februari dan puncak acara HPN 2018 pada tanggal 9 Februari 2018. Kedua kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. (tati/jp)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RUU PKS : Semua Peduli, Semua Terlindungi

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual sudah masuk dalam Prolegnas Prioritas 2021, setelah sempat gagal dibahas pada Prolegnas 2014-2019 lalu. Sejak diusulkan pada 2012, para pendukung...

Menlu Retno Ajak Perempuan Jadi Agen Perdamaian

Investing in women is investing in brighter future. Dalam terjemahan bebasnya, artinya "berinvestasilah" pada perempuan untuk masa depan yang cerah. Ini menjadi kalimat penutup...

FJPI dan IDNTimes Gelar #NgobrolSeru Bersama Menlu Retno Marsudi

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia dan IDNTimes kembali menggelar webinar. Kali ini mengambil tema “Perempuan dan Perdamaian Dunia” yang akan menghadirkan Menteri Luar Negeri RI...

Get in Touch

472FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts