FJPI Kecam Kasus Kekerasan Jurnalis Saat Meliput Aksi 2205

JAKARTA | fjpindonesia.com – Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) mengecam kasus kekerasan yang terjadi kepada sejumlah jurnalis saat menjalankan tugasnya meliput aksi demonstrasi warga di Jakarta, Rabu (22/5/2019)

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kekerasan berupa kekerasan fisik, verbal, intimidasi dan persekusi terhadap sejumlah jurnalis juga dialami oleh dua jurnalis perempuan yaitu Intan Bedisa dan Rahajeng Mutiara dari media Televisi.

Ketua Umum FJPI, Uni Lubis mendesak aparat keamanan dalam hal ini Kepolisian untuk segera mungkin mengusut tuntas tindakan kekerasan kepada para jurnalis dan menghukum pelaku tindakan kekerasan dengan hukum yang berlaku.

FJPI juga, kata Uni Lubis, menghimbau kepada para Jurnalis untuk terus bersemangat menginformasikan kepentingan publik sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Kita meminta kepada pimpinan media untuk membekali jurnalisnya dalam peliputan di arena konflik serta memberikan hak pelayanan kesehatan, trauma healing pasca peliputan di arena konflik,” kata Uni Lubis di Jakarta. Kamis (23/5/2019).

FJPI juga menghimbau kepada semua pihak untuk menghormati kinerja Pers dalam menjalankan tugas peliputannya dan menjunjung kebebasan Pers.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 18 UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, yang berbunyi bahwa setiap orang yang menghalangi kebebasan pers diancam penjara maksimal dua tahun, dan denda maksimal Rp500 juta,” demikian pungkas Uni Lubis. (Rilis)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

#FJPIBerbagi untuk Kaum Dhuafa

  Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara kembali membagikan paket sembako kepada kaum dhuafa. Sebanyak 55 paket sembako dibagikan di masa pandemi covid-19 dan...

Silpa Rp500 Miliar, Bukti Kinerja Pemko Medan Belum Maksimal

Besarnya nilai sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) membuktikan adanya serapan anggaran yang rendah. Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2019 Silpa APBD...

Tolong, Selamatkan Indonesia dari Kekerasan Seksual

5 Pemenang Lomba Menulis #SahkanRUUPKS Kerja Sama FJPI, IDN Times, dan The Body Shop    Oleh Putu Ayu Palupi   "Pernah beberapa kali dapat pelecehan ," ujar Wulan...

Get in Touch

478FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts