FJPI Sesalkan Kriminalisasi Atas Maria Ressa

JAKARTA | fjpindonesia.com – Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Uni Lubis menyesalkan tindakan kriminalisasi atas Maria Ressa, Eksekutif Editor Rappler.com, media daring dari Filipina, yang ditahan oleh petugas Biro Investigasi Nasional (NBI), Rabu, (13/2/2019).

Uni, dalam siaran pers yang dikeluarkan FJPI, Kamis (14/2/2019) di kantor Jakarta menyatakan, tindakan aparat hukum menggunakan artikel jurnalistik yang dipublikasikan tahun 2012 menunjukkan sikap otoriter kekuasaan terhadap media yang dianggap kritis terhadap pemerintah.

“Journalism is not a crime. Negara yang junjung tinggi demokrasi tidak memberangus kemerdekaan pers,” kata Uni.

Uni mengatakan, ia sudah berkoordinasi dengan anggota Dewan Pers Nezar Patria, agar Dewan Pers dapat bersikap atas penahanan Maria Ressa. “Karena ini kriminalisasi jurnalis dan produk jurnalistik”, tegas Uni.

Maria Ressa ditahan karena dianggap telah mencemarkan nama baik seorang pengusaha, Wilfredo Keng. Nama pengusaha itu pernah ditulis oleh Rappler sebagai pemilik mobil SUV yang digunakan oleh mantan Hakim Konstitusi selama proses sidang dakwaan.

Maria Ressa adalah salah satu jurnalis perempuan yang pada tahun 2018 lalu, diakui sebagai Person of The Year (POY) majalah Time. (RILIS)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

#FJPIBerbagi untuk Kaum Dhuafa

  Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara kembali membagikan paket sembako kepada kaum dhuafa. Sebanyak 55 paket sembako dibagikan di masa pandemi covid-19 dan...

Silpa Rp500 Miliar, Bukti Kinerja Pemko Medan Belum Maksimal

Besarnya nilai sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) membuktikan adanya serapan anggaran yang rendah. Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2019 Silpa APBD...

Ember Bocor, Perempuan Jurnalis dan Kartini

Oleh Linova Rifianty Di kampung nenekku yang letaknya di sebuah lembah ember merupakan salah satu media vital sehari-hari.  Mandi, masak, bersih-bersih rumah dari kotoran ayam...

Get in Touch

473FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts