Beberapa waktu belakangan ini Lely Zailani, seorang aktivis perempuan dari Hapsari Perbaungan, disibukkan dengan membantu teman-temannya untuk menyiapkan ramuan herbal Samilakor. Samilakor ini singkatan dari Sari Minuman Lawan Korona, sebuah ramuan yang terdiri dari jahe, kunyit, sereh, jeruk lemon, dan gula aren sebagai tambahan pemanis rasa.

Lely Zailani saat memetik daun bambu untuk ramuan Samilakor. Foto : Dok. Lely Zailani.

Saat berbincang dengan Lely via telepon kemarin, ia banyak bercerita tentang Samilakor yang menurut pasien korona isolasi mandiri yang mengkonsumsinya sangat bermanfaat bagi penyembuhan mereka. Samilakor sendiri merupakan ramuan yang direkomendasikan ole Dr Tiffauzia Tyassuma MSc, seorang dokter yang juga akademisi peneliti bidang nutrisi. Bahan-bahan utama dalam Samilakor ini sangat mudah diperoleh di sekitar kita, bisa ditanam di pekarangan atau dibeli di pasar. Yang berbeda adalah cara pengolahannya.

Berikut adalah bahan serta cara pengolahan dan penyajian Samilakor.

Imun Tubuh

Lely Zailani bersama teman-teman yang tergabung dalam Relawan Pejuang Lawan Covid 19 (RPLC19) terus melakukan edukasi kepada publik agar menerapkan protokol kesehatan. Sementara untuk membentengi diri sendiri dan keluarga dari dalam tubuh, haruslah memperkuat imun tubuh agar terhindari dari berbagai penyakit terutama covid 19. Ramuan Samilakor bisa menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan di rumah dan dapat dikonsumsi banyak orang. Kandungan bioaktif dalam jahe, kunyit, sereh, dan daun bambu sangat baik dan dibutuhkan tubuh untuk menjaga imun tubuh.

“Masyarakat harus ikut berjuang melawan covid 19, jangan lengah dan anggap enteng. Karena dampaknya kita bisa lihat sendiri seperti apa sekarang. Pola makan sehat, pola hidup bersih sebaiknya menjadi kebiasaan kita,” ujarnya. (jp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here