FJPI Berbagi Ilmu dan Pengalaman Jurnalistik di SMA HARAPAN 1 Medan

GENERASI muda calon pewarta masa depan. Bekal pengetahuan dasar yang baik dapat menarik generasi muda untuk menekuni profesi sebagai jurnalis profesional di kemudian hari.

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) menggelar serangkaian pelatihan terkait jurnalistik ke berbagai sekolah yang ada di Medan dalam FJPI Roadshow to School dengan tema “Citizen Journalism dan Bijak Bermedia Sosial”.

Salah satu sekolah yang mendapatkan pelatihan Dasar-dasar Jurnalistik dari FJPI adalah SMA Harapan I, Medan, pada 7 Oktober 2017.

Pelatihan ini diikuti oleh para pelajar peserta ekstra kulikuler Majalah Dinding di sekolah tersebut.

Jurnalis iNews TV, Nurleli saat memberikan materi.

Pada pelatihan Dasar-dasar Jurnalistik para pelajar mendapatkan aneka tips penting untuk menulis berita dalam kaidah jurnalistik, mengenali jenis dan kharakteristik berita pada media massa dan online, juga berlatih wawancara dan menulis berita.

Selain itu, pesan untuk bijak menggunakan media sosial juga ditanamkan kepada para peserta pelatihan, mengingat banyak kasus terkait media sosial yang melibatkan para remaja.

Para trainer dari FJPI yang terdiri dari Mela Hapsari dari TVRI Sumut, Nina Rialita dari pojoksumut.com, dan Leli dari iNews TV tidak hanya memberikan teori dasar jurnalistik tetapi juga sharing pengalaman selama bertugas di lapangan dan redaksi pemberitaan baik cetak, elektronik dan online.

Jurnalis Pojoksumut.com, Nina Rialita bersama para siswa/i SMA Harapan 1 Medan yang berhasil mempraktekkan membuat berita dengan baik.

Para pelajar SMA Harapan I, Medan, terlihat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan ini. Program FJPI Roadshow to School ini masih terus berlangsung dan sekolah yang berminat dapat menghubungi FJPI.

Diharapkan kegiatan ini dapat membina bibit muda calon jurnalis untuk mengasah bakat dan kemampuan mereka dalam menulis dan berkarya, agar kelak menjadi jurnalis profesional.

Berfoto bersama usai pelatihan di SMA Harapan 1 Medan

Sementara itu, Kepala SMA Harapan  1, Medan, Anwar mengucapkan terima kasihnya atas kesediaan FJPI mengunjungi sekolahnya.

Kepala SMA Harapan 1 Medan, Anwar menerima cinderamata dari FJPI yang diberikan Jurnalis TVRI, Mela Hapsari usai kegiatan.

“Harapan kami, setelah mengikuti pelatihan hari ini, anak-anak didik kami semakin termotivasi dan mengerti tentang tugas dan dunia jurnalistik. Dan, ke depan bisa muncul jurnalis-jurnalis muda dari sekolah kami,” ungkapnya.

“Kami harap FJPI bersedia datang kembali ke sekolah kami untuk menyampaikan materi di waktu yang akan datang. Semoga kerja sama ini bisa terus terjalin,” pungkasnya.(mela/jp)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RUU PKS : Semua Peduli, Semua Terlindungi

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual sudah masuk dalam Prolegnas Prioritas 2021, setelah sempat gagal dibahas pada Prolegnas 2014-2019 lalu. Sejak diusulkan pada 2012, para pendukung...

Menlu Retno Ajak Perempuan Jadi Agen Perdamaian

Investing in women is investing in brighter future. Dalam terjemahan bebasnya, artinya "berinvestasilah" pada perempuan untuk masa depan yang cerah. Ini menjadi kalimat penutup...

FJPI dan IDNTimes Gelar #NgobrolSeru Bersama Menlu Retno Marsudi

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia dan IDNTimes kembali menggelar webinar. Kali ini mengambil tema “Perempuan dan Perdamaian Dunia” yang akan menghadirkan Menteri Luar Negeri RI...

Get in Touch

471FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts