Sharebike, Bersepeda di Beijing

SEPEDA, sarana transportasi dan olahraga kini kian populer. Selain menyehatkan bersepeda juga bebas polusi, menyenangkan, dan juga mengurangi kemacetan.

Tiongkok pada zaman dahulu populer dengan rakyatnya yang suka bersepeda kemana-mana, kini kebiasaan tersebut populer kembali dengan adanya sharebike atau sepeda sewa yang nyaman dan murah meriah.

Wajah kota Beijing semakin semarak dengan sepeda sewa warna-warni ini. Tua muda bersepeda di jalanan kota Beijing. Cara meminjam sepeda ini sangat mudah, tinggal download dan gunakan aplikasi smartphone, salah satu aplikasi yang populer adalah Mobike.

Ada sekira 30 penyedia jasa persewaan sepeda murah meriah di Beijing, dan sebagian malah masih meminjamkannya dengan gratis.

Selesai menggunakan sepeda, pengguna bisa meninggalkan sepeda tersebut di pinggir jalan dan harus menguncinya kembali.

Tak hanya warga Beijing, tetapi turis pun menggunakan sepeda sewa ini dengan nyaman untuk berkeliling kota dan berwisata. Kota Beijing menyediakan jalur khusus yang bahkan dilengkapi dengan traffic light sepeda.

Jalur khusus sepeda ini lebarnya sekira 2 meter dan memiliki pembatas besi sehingga sepeda lebih aman dari risiko kecelakaan dengan kendaraan bermotor. (mela/jp)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

#FJPIBerbagi untuk Kaum Dhuafa

  Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara kembali membagikan paket sembako kepada kaum dhuafa. Sebanyak 55 paket sembako dibagikan di masa pandemi covid-19 dan...

Silpa Rp500 Miliar, Bukti Kinerja Pemko Medan Belum Maksimal

Besarnya nilai sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) membuktikan adanya serapan anggaran yang rendah. Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2019 Silpa APBD...

Tolong, Selamatkan Indonesia dari Kekerasan Seksual

5 Pemenang Lomba Menulis #SahkanRUUPKS Kerja Sama FJPI, IDN Times, dan The Body Shop    Oleh Putu Ayu Palupi   "Pernah beberapa kali dapat pelecehan ," ujar Wulan...

Get in Touch

478FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts