Upaya Beijing Atasi Macet dengan Subway

MACET adalah problematika kota metropolitan yang tak kunjung usai. Mass Rapid Transit menjadi salah satu alternatif solusi mengurai kemacetan.

Beijing, ibu kota Tiongkok telah memiliki Beijing Metro Subway sejak tahun 1969. Saat ini penduduk kota Beijing lebih dari 21 juta orang.

Penumpang subway atau kereta api bawah tanah ini kebanyakan adalah kaum komuter dengan rata-rata penumpang mencapai 11 juta orang pada hari kerja, dan 8 juta orang pada hari libur atau akhir pekan.

Lalu lintas subway di Beijing sangat sibuk, bisa mencapai 9000 kali keberangkatan kereta setiap harinya. Deputi Manager Beijing Metro Subway, Mei Tong, menjelaskan bahwa seluruh aktivitas subway di Beijing dikelola oleh sebuah pusat kontrol yang mengawasi 19 jalur kereta api bawah tanah yang ada.

Meskipun telah melayani jutaan orang setiap harinya, ternyata subway di Beijing dianggap belum mampu memenuhi kebutuhan sehingga pembangunan terus dilaksanakan.

Pada tahun 2021, Beijing akan memiliki 32 jalur kereta api bawah tanah dengan panjang total lintasan mencapai 1000 kilometer dan melayani lebih dari 18 juta penumpang setiap harinya. (jp/mel)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RUU PKS : Semua Peduli, Semua Terlindungi

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual sudah masuk dalam Prolegnas Prioritas 2021, setelah sempat gagal dibahas pada Prolegnas 2014-2019 lalu. Sejak diusulkan pada 2012, para pendukung...

Menlu Retno Ajak Perempuan Jadi Agen Perdamaian

Investing in women is investing in brighter future. Dalam terjemahan bebasnya, artinya "berinvestasilah" pada perempuan untuk masa depan yang cerah. Ini menjadi kalimat penutup...

FJPI dan IDNTimes Gelar #NgobrolSeru Bersama Menlu Retno Marsudi

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia dan IDNTimes kembali menggelar webinar. Kali ini mengambil tema “Perempuan dan Perdamaian Dunia” yang akan menghadirkan Menteri Luar Negeri RI...

Get in Touch

471FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Posts